Uang atau kedudukan

5/20/2009
Alkisah, Rabiah ar-Ra'yu, pakar fiqih penduduk Madinah, sempat bergaul dengan para sahabat r.a. bahkan Imam Malik bin Anas r.a. pernah berguru kepadanya. ayahnya, Farukh pergi berjihad sampai ke negeri Khurasan pada masa pemerintahan Bani Umayyah, dengan menitipkan uang 30.000 dinar kepada istrinya. ketika itu, Rabiah masih berada dalam kandungan ibunya.

dua puluh tujuh tahun kemudian, Farukh pulang ke Madinah mengendarai kuda sambil memegang tombak. sesampainya dirumahnya, ia mendobrak pintu dengan tombak itu. Rabiah keluar sambil berkata, "Wahai, musuh Allah! apakah kamu berada ditempat istriku?"

mereka saling menyerang sehingga menarik perhatian para tetangga. mendengar keributan itu, Imam Malik bin Anas datang dan melerai mereka. ia berkata kepada Farukh, "Wahai, orang tua! ada banyak tempat lain bagimu selain rumah ini". Farukh menjawab, "Aku adalah Farukh dan ini adalah rumahku".

mendengar nama Farukh disebut, istrinya segera keluar menghampiri kerumunan orang. sambil menunjuk Farukh, ia berkata "ini suami saya". kemudian ia berkata kepada suaminya, "ini anakmu, Rabiah yang kamu tinggalkan ketika masih dalam kandunganku".

Farukh dan Rabiah berpelukan sambil menangis. setelah masuk kerumah, Farukh bertanya kepada istrinya, "Benarkah dia anakku?" istrinya menjawab, "Ya". Farukh berkata, "keluarkanlah uang yang kutitipkan kepadamu". istrinya menjawab, "uang itu kupendam didalam tanah". kemudia Farukh disuruh istrinya pergi ke Masjid Rasulullah SAW.

di masjid itu Rabiah sedang duduk dalam majelisnya bersama Malik, Hasan al-bashri dan pembesar Madinah lainnya. ketika Farukh memasuki masjid, Rabiah menundukkan kepalanya, menghindari pandangan ayahnya. ayahnya bertanya kepada salah seorang jamaah, "siapakah orang itu?". dijawab, "Rabiah bin Farukh" Farukh berkata, "Allah telah mengangkat derajat anakku".

segera Farukh pulang kerumah dan berkata kepada istrinya, "aku melihat kedudukan anakmu lebih tinggi dari para ilmuwan dan ahli fiqih".

istrinya berkata, "mana yang lebih engkau sukai. tiga puluh ribu dinar atau kedudukan yang diraih anakmu".

Farukh menjawab, "demi Allah, aku memilih kedudukan yang diraih Rabiah". istrinya berkata, "aku telah menafkahkan tiga puluh ribu dinar untuk dia". dengan perasaan lega dan ridha, Farukh menjawab, "Engkau tidak menyia-nyiakannya".

47 comments:

yanuar catur rastafara | 20 Mei 2009 18.55

sungguh, keputusan yang bijak dari seorang ibu
hehehehehehehe

Seti@wan Dirgant@Ra | 20 Mei 2009 19.15

Sebuah pencerahan,.... Ilmu lebih berharga dari segalanya.

IjoPunkJUtee | 20 Mei 2009 21.26

Yup....ada yang lebih berharga dari sekedar harta.....

anazkia | 20 Mei 2009 22.39

Kisah ini tahun berapa yah...??? :)

RanggaGoBlog | 20 Mei 2009 23.01

oooo... ceritanya duitnya tuuu buat nyekolahin anaknya too.... baru mudeng sayah,,,,

rco | 21 Mei 2009 03.36

menarik sekali artikelnya...

Etha | 21 Mei 2009 03.53

hmmm ...

Etha | 21 Mei 2009 03.54

aha .. setelah baca 2 kali, barulah sayah mengerti ^-^

J O N K | 21 Mei 2009 04.00

tapi kedudukan di sisi Alloh ya , :)

manusiahero | 21 Mei 2009 06.15

keputusan yang baik..

attayaya | 21 Mei 2009 18.21

uang diduduki
atau
menduduki uang

Linda Belle | 21 Mei 2009 21.17

harus baca 2 kali baru mudeng hheehe...
ibu memang org yg bijaksana

ajeng | 21 Mei 2009 22.34

Subhanallah...
Andaikan semua orang tua seperti itu.. Btw,maaf baru bisa mampir,si inet lagi lelet banget..

nietha | 22 Mei 2009 05.57

good story nih..mampir ga kasi komen deh..mata lagi belekan

Ayas Tasli Wiguna | 22 Mei 2009 23.10

nice post bro..

g ada uang g ada kedudukan klo skg, hehe

buwel | 23 Mei 2009 11.42

uang...uang......

buwel | 23 Mei 2009 11.43

ke 17

SENDAL JEPIT | 4 Juni 2009 01.12

inilah potret seorang ibu yang bijak

sheri saki | 4 Juni 2009 01.23

betapa bijaknya ibu atu ni

Sang Cerpenis bercerita | 4 Juni 2009 02.51

keduanya sia2 ketika kita meninggalkan dunia ini.

Eko Priyanto | 4 Juli 2014 17.18

salam kenal dan jangan lupa berkunjung ke situs kami juga yah gan yang membahas seputar obat sipilis raja singa dengan obat herbal aman dan ampuh tanpa efek samping. Informasi cara menyembuhkan sipilis paling ampuh yang lengkap beserta obatnya yang tepat dan berlisensi DINKES RI.

Bara Herbal | 5 Juli 2014 02.00

informasi yang sangat bagus gan... terimakasih banyak.. jangan lupa berkunjung ke situs kami yah..!!!
obat sipilis pada pria
obat sipilis pada pria

Bara Herbal | 5 Juli 2014 13.36

gan saya senang membaca artikel agan menyentuh hati saya... oh iya untuk agan agan jangan lupa yah kunjungi situs saya trimakasih...obat sipilis apa ~ obat sipilis wanita ~ obat sipilis ~ obat sifilis adalah ~ obat sipilis alami ~ obaat sipilis terbaik ~ obat sipilis terbaik ~ obat sipilis tetracycline ~ obat sipilis tetracycline ~ obat sipilis tradisional

Eko Priyanto | 5 Juli 2014 20.36

Artikel anda bagus dan mudah dipahami.. terimakasih banyak gan..
obat kutil kelamin
obat kutil kelamin di apotik
obat kutil kelamin pada pria
obat kutil kelamin alami
obat kutil kelamin de nature
obat kutil kelamin tanpa operasi

agus priyanto | 6 Juli 2014 07.52

sebelumnya salam kenal gan .enaknya kalo malam malam gini ngopi gan.
sambil ngopi kunjungi situs ane ya gan di jamin tidak merugikan ? ? ?
obat sipilis
obat sipilis pada pria
obat sipilis pada wanita
obat sipilis herbal
obat spilis di apotik

Bara Herbal | 6 Juli 2014 13.46

Trimakasih gan saya jadi faham tentang artikel agan...dan saya mohon maaf numpang lapak gan semoga ada yang berkenan untuk mengunjungi situs kami mengenai penyakit kelamin... ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria yang ampuh ~ kumpulan obat sipilis pada pria

Bara Herbal | 7 Juli 2014 03.47

Trimakasih gan masukannya...artikelnya siip soop gan dan maaf gan jangan lupa kunjungi situs kami juga... ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat penyakit sipilis pada pria

agus priyanto | 7 Juli 2014 22.24

Artikelnya keren gan bermanfaat banget...obat sipilis di apotik obat penyakit sipilis di apoti nama obat sipilis di apotik

tahta lestari | 8 Juli 2014 12.33

postinganya yang sangat bermamfaat baget gan trimakasih dan sebelumnya saya minta izin buka lapak di sini gan sapa tau ada yang minat... obat sipilis di apotik obat penyakit sipilis di apoti nama obat sipilis di apotik

tahta lestari | 9 Juli 2014 03.42

selamat sore dan salm kenal gan post agan sangat bermamfaat banget trimakaish gan obat sipilis pada pria dan wanita di apotik lapak ane gan obat sipilis pada pria dan wanita mohon izininya gan obat sipilis di apotik

Bara Herbal | 10 Juli 2014 04.08

gan salam kenal dan trimakasih masukannya artikelnya bermanfaat jos gandos...dan jangan lupa kunjugi pula situs kami yang membahas mengenai penyakit kelamin. ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ obat herbal penyakit sipilis pada pria ~ Kumpulan obat sipilis pada pria ~ nama obat sipilis pada pria

tahta lestari | 10 Juli 2014 07.25

selamat malam gan yang agan=2 yang ganteng  obat sipilis pada pria dan wanita di apotik lapak ane gan obat sipilis pada pria dan wanita mohon izininya gan obat sipilis di apotik alami

Bara DeNature | 16 Juli 2014 03.37

Gan... salam kenal artikelnya ok gan... dan jangan lupa kunjungi jga situs kami ya gan... yang membahas tentang pengobatan sipilis atau raja singa... ~ obat sipilis dengan bayam duri ~ obat sipilis dengan bayam duri ~ obat sipilis dengan bayam duri ~ obat sipilis dengan bayam duri ~ obat sipilis dengan bayam duri ~ obat sipilis dengan bayam duri ~ obat sipilis dengan bayam duri ~ obat sipilis dengan bayam duri

Bara DeNature | 16 Juli 2014 04.33

Wewww... mantaf gan artikelnya keren abiis... jangan lupa kunjungi situs kami ya gan yang membahas tentang penyakit kelamin... ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah ~ obat sipilis pada pria rumah

Bara DeNature | 16 Juli 2014 04.54

timakasih dan salam kenal gan... artikelnya ok... dan jangan lupa kunjungi situs kami ya gan yang membahas mengenai penyakit kelamin... ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria

Bara DeNature | 16 Juli 2014 05.13

Gan semangat terus gan dan salam kenal yah... jangan pula kunjungi juga ke situs kami... trimakasih dan semoga berkenan... ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada pria

Pengobatan Kencing Nanah | 26 Juli 2014 03.38

Jangan lupa juga kunjungi situs kita yee gan yg ngebahas...Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita nama Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil merk Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil jual Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil cari Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil toko Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil artikel Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil tips Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil kumpulan Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil apa Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil pesan Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil beli Obat Penyakit Sipilis Pada Wanita Hamil

Bara DeNature | 3 Agustus 2014 19.50

Gan artikelnya bagus ane seneng bacanya bermanfaat gan... maaf gan semoga berkenan untuk mengunjungi situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin gan...nama obat penyakit sipilis pada pria ~ obat penyakit sipilis pada pria ~ obat herbal penyakit sipilis pada pria

Bara DeNature | 4 Agustus 2014 02.24

Gan... Artikelnya bagus gan saya senang membacanya... salam kenal gan dan jangan lupa kunjungin situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin...obat sipilis pada pria ~ obat sipilis pada wanita ~ obat sipilis murah

Bara DeNature | 15 Agustus 2014 01.16

Gan Artikelnya bagus mantaf gan ane demen... salam kenal ya gan... dan jangan lupa juga kunjungi situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin semoga berkenan gan... ~ nama obat sipilis pada pria ~ cara obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria

Bara DeNature | 15 Agustus 2014 01.40

Gan Artikelnya bagus mantaf gan ane demen... salam kenal ya gan... dan jangan lupa juga kunjungi situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin semoga berkenan gan... ~ cara obat sipilis pada pria ~ tips obat sipilis pada pria ~ obat alami sipilis pada pria ~ obat tradisional sipilis pada pria ~ obat alami sipilis pada pria

Bara DeNature | 15 Agustus 2014 02.00

Gan Artikelnya bagus mantaf gan ane demen... salam kenal ya gan... dan jangan lupa juga kunjungi situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin semoga berkenan gan... ~ tips obat penyakit sipilis pada pria ~ obat untuk penyakit sipilis pada pria ~ obat alami penyakit sipilis pada pria

Bara DeNature | 15 Agustus 2014 02.26

Gan Artikelnya bagus mantaf gan ane demen... salam kenal ya gan... dan jangan lupa juga kunjungi situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin semoga berkenan gan... ~ obat penyakit sipilis pada pria ~ nama obat penyakit sipilis pada pria ~ nama obat sipilis pada pria

bara De nature | 19 Agustus 2014 05.46

Gam Artikelnya bagus dan keren abis... Salam kenal gan dan jangan lupa kunjungin juga situs kami yang membahas tentang penyakit kelamin... semoga berkenan gan tararengkiew... ~ obat sipilis yang paling manjur ~ obat sipilis yang paling mujarab ~ obat sipilis yang paling herbal ~ nama obat sipilis yang manjur ~ nama obat sipilis yang alami

teguh sans | 25 Agustus 2014 19.17

lam kenal agan ,Artikelnya mantab gan..mudah dipahami dan dimengerti..jangan lupa kunjungi juga situs kami yang membahas tentang penyakit herpes..thx ya gan. ~ Cara Mengobati Herpes ampuh ~ cara mengobati Herpes secara tuntas ~ cara mengobati herpes paling jitu ~ Cara Mengobati Herpes Secara Mudah ~ Cara Mengobati Herpes untuk laki-laki ~ Cara Mengobati Herpes Untuk wanita ~ Cara Mengobati herpes orang dewasa

teguh sans | 25 Agustus 2014 20.35

lam kenal agan ,Artikelnya mantab gan..mudah dipahami dan dimengerti..jangan lupa kunjungi juga situs kami yang membahas tentang penyakit herpes..thx ya gan. ~ Cara Mengobati Herpes Dengan cepat tanpa efek samping ~ Cara Mengobati Herpes dengan Cepat mujarab ~ Cara Mengobati herpes dengan cepat paten ~ Cara Mengobati Herpes dengan Cepat Tanpa ke dokter ~ Cara Mengobati Herpes Dengan cepat dalam waktu 3-5hari ~ Cara Mengobati Herpes paling ampuh ~ Cara Mengobati Herpes paling jitu

Akhnisa Keyshachoirela | 21 Februari 2015 12.20

Informasi yang keren and berguna gan..Obat Sipilis Kunjungi juga situs kami yang membahas tentang..Obat Penyakit Sipilis

Poskan Komentar

hayo, yang komeng dapet pahala