10 Negara "MUSUH" blogger

5/05/2009
Tidak semua negara membebaskan rakyatnya menjadi blogger. Setidaknya ada 10 negara yang 'memusuhi' blogger. Hal ini terungkap dari daftar yang dibuat Committee to Protect Journalists yang berbasis di New York.

Pengawasan yang ketat, pemblokiran terhadap internet selama satu periode, serta perlakuan buruk terhadap para blogger terutama saat membludaknya informasi pada September 2007, mendudukkan Burma pada posisi pertama daftar tersebut.

Negara ke-2 yang menjadi 'momok' bagi para blogger adalah Iran. Di negara ini, seorang blogger muda ditahan atas tuduhan penghinaan terhadap pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Sebuah blog yang ia buat, akhirnya menuntunnya pada kematian. Bulan lalu, blogger bernama Omid Mir Sayafiini ditemukan tewas dalam sel penjaranya.

Syria menempati urutan ketiga dalam daftar, di mana para pemilik warnet harus melaporkan setiap pelanggannya.

Penahanan 21 blogger membawa Cuba di urutan ke-4. Kemudian disusul Saudi Arabia yang rajin memblokir situs.

Daftar tersebut juga diramaikan oleh Vietnam, Tunisia dan China yang memberlakukan kontrol ketat terhadap dunia maya.

Turkmenistan juga masuk dalam daftar tersebut karena saat warnet pertama di negara tersebut berdiri, warnet tersebut dijaga ketat oleh tentara.

Daftar negara yang memusuhi para blogger ditutup oleh Mesir di mana lebih dari 100 blogger ditawan di sana.

Kendati banyak ancaman yang harus dihadapi blogger jika ingin bersuara, hal ini tidak menyurutkan niat mereka untuk terus nge-blog.

Dikutip detikINET dari Guardian, Senin (4/5/2009) budaya nge-blog di negara-negara di atas justru kian menunjukkan peningkatan.

Berikut daftar 10 negara 'musuh' para blogger tersebut :
1. Burma
2. Iran
3. Syria
4. Cuba
5. Saudi Arabia
6. Vietnam
7. Tunisia
8. China
9. Turkmenistan
10. Mesir
Source : Suichi

25 comments:

BIG SUGENG | 5 Mei 2009 18.00

selama masih boleh, jadilah blogger se blogger -blogger nya

yanuar catur rastafara | 5 Mei 2009 18.12

wah,,susah juga ya
apalagi blogger yg di syria
masak tiap kita masuk warnet harus dilaporkan
gk asik ach d syria
mending d indon aja
hehehehe

Laisya | 5 Mei 2009 18.42

Alhamdulillah hidup di Indonesia :D
Ayoo...kita tingkatkan terus prestasi blogger Indonesia :D

Dunia Polar | 5 Mei 2009 18.55

wah klo d indonesia gmn yah?? kan skrg di tipi, sring tuh seorng blogger cewek d liput krn ada kasus tembak2an ntuh...
pa lg sring bgt d sbutkan klo dy tuh seorang BLOGGER.

Sang Cerpenis bercerita | 5 Mei 2009 20.15

untung Indonesia gak termasuk ya.

Etha | 5 Mei 2009 20.31

waaa....kok ga enak banget yak, untung aj indonesia kagak begitu ^-^

richamoody | 5 Mei 2009 20.56

hmmm selama kita nge-blog g merugikan org lain, why not?????

keep blogging guys

zujoe | 5 Mei 2009 21.19

kayaknya Indonesia menyusul tuh soale Roy Suryo masuk DPR, bakalan di sekal semua tuh blogger dan di samain hacker hohoho...

nietha | 5 Mei 2009 21.48

amaann..indoensia ga masuk bagian..
pernah baca artikelnya dikapanlagi.com

hendra | 5 Mei 2009 22.47

wa... terimakksih lah kalau begitu untuk pemerintah indonesia, untung pemerintah tidak sepeti negara negara yng tercantum diatas, smpat terjadi waa... hilang dong salah satu tempat berkreatifitas kita...juga mata pencaharian kita hee... tapi jika kita melihat negara negara tersbuut sangat sedih sekali ya kita, disini kita bebas ngblog dan menuangkan ide ide kita d blog, sedangkan mereka ?? duh...
buat mas yang satu ini, salut deh, infonya spektakuler, sdikit tapi besar ilmunya...

YolizZ | 5 Mei 2009 23.10

wew,, untung di indoneia engga yah...

kan ngeblog juga salah satu sarana dalam berekspresi yak,, asalkan ga merugikan pihak lain aja...

anna fardiana | 5 Mei 2009 23.11

untung kita di Indonesia yah...
jadi gak terlalu dibatasi... :)

duCkY... | 5 Mei 2009 23.43

alhamdulillah saya wni.. bukan tki.. wew..

ajeng | 6 Mei 2009 00.46

Indonesia belum sampai seperti itukan? Yach, sebelum ngeblog dilarang,ayo atuh ngeblog sengeblog ngeblognya..

Atca | 6 Mei 2009 00.56

wah...baru tau nih kalo ada negara yg musuhin blogger...

anazkia | 6 Mei 2009 02.24

Wah, ternyata, banyak yang berjuang mati-matian untuk ngeblog. Semoga, ngeblog kita lebih bermanfaat, Insya Allah...

IjoPunkJUtee | 6 Mei 2009 04.32

Untung kita hidup di Indonesia tercinta.....

inuel | 6 Mei 2009 06.13

sandal musuhnya sapa uya,,sepatu kli yah,hwheheheheh,,
semngat buat blogger,,jangan mau dimusuhin !:D,mending bersahabt aja !

joe | 6 Mei 2009 08.12

untung indonesia masih menjunjung tinggi demokrasi, sehingga tidak membatasi kebebasan warganya dalam berekspresi ...

ferdivolutions | 6 Mei 2009 21.28

kesian jg yg dipenjara, ngeblog kok dipenjara? berlebihan.
atw mgkn isi blognya mencaci-maki mgkn...

serem.

semoga aja Indonesia gag seperti negar2 di atas.

Seti@wan Dirgant@Ra | 7 Mei 2009 01.39

Semoga saja apa yang diharapkan oleh teman2 yang diatas begitu adanya. Berbahagialah kita yang masih diberi keluasan....

Tukang Arsip | 7 Mei 2009 02.01

wah blogger tuh kan tmpt untuk menuangkan hal yang positif kenapa malah dilarang ya?????

Henny Y.Caprestya | 7 Mei 2009 03.44

untung aja Indonesia nggak termasuk ke dalam daftar
:)

sii melyn | 7 Mei 2009 22.37

itulah kenapa ada pepatah yang mengatakan, "ngbloglah sebelum ngeblog itu dilarang"

xixixi...

sheri saki | 4 Juni 2009 01.40

kalo di indonesia mah bebas banget

Poskan Komentar

hayo, yang komeng dapet pahala