Amanah seorang pemimpin

4/27/2009
Amirul mukminin Umar bin Abdul Aziz dikunjungi bibinya yang bermaksud meminta tambahan tunjangan dari baitul mal (kas negara). ketika itu, Amirul mukminin sedang makan kacang bercampur bawang dan adas, makanan rakyat awam.

Amirul mukminin menghentikan makannya, lalu mengambil sekeping uang (satu dirham) dan membakarnya. dibungkusnya uang itu dengan sepotong kain dan diberikannya kepada bibinya seraya berkata, "inilah tambahan tunjangan uang yang bibi minta".

Bibinya menjerit kepanasan ketika menyentuh bungkusan berisi uang logam panas itu. Umar r.a berkata, "kalau api dunia terasa sangat panas, bagaimana kelak api neraka yang akan membakar aku dan bibi karena mengkhianati amanah dan menyelewengkan harta baitul maal?".

Subhanallah! alangkah beruntungnya jika bangsa kita mempunyai pemimpin yang seperti itu

26 comments:

eMo Sang Petualang | 27 April 2009 18.50

menjadi pemimpin.. atw diamanahkan mnjadi pemimpin bukanlah hal yg mudah.... tanggung jawab yg berada dipundak begitu berat... kalau salah2... neraka ujungnya,,,,,
namun mengapa banyak org berlomba ingin mnjadi pmimpin.... dgn mnggunakan berbagai cara... mmperebutkan kursi kekuasaan?????

BIG SUGENG | 27 April 2009 19.32

Seorang pemimpin adalah pelayan bagi yang dipimpinnya, bukan "ndoro" yang minta dilayani. Di dunia saja sudah banyak pemimpin yang masuk penjara, lhaa apalagi di akhirat nanti... wallahu a'lam
Cuma tetep saja orang berbondong-bondong rebutan mau jadi pemimpin, bukan karena mau mengemban amanah tapi mau merebut fasilitas. Pemimpin adalah cermin masyarakatnya, pemimpin yang dipilih oleh masyarakat yang rusak pasti yaa pemimpin yang rusak, makanya pilihlah pemimpin yang mengarah ke ideal.

nietha | 27 April 2009 19.41

aku tidak akan mau jadi pemimpin jika aku merasa tidak sanggup memegang amanah

ajeng | 27 April 2009 19.54

Jabatan itu adalah amanah sekaligus ujian.. Dan yang sering dilupakan sekarang ini,jabatan itu tidak boleh kita minta. Apalagi diperbutkan..

zujoe | 27 April 2009 20.33

jadi mimpi saia...kapan yah di dunia ini ato indonesia ini muncul pemimpin yang seperti Rosululloh S.A.W. dan 4 sahabatnya itu?

Sang Cerpenis bercerita | 27 April 2009 21.00

seandainya....yah...hanya seandainya pemimpin spt itu....'mimpi kaleee'.

wisnoee | 27 April 2009 21.23

Sekarang gak jamannya lagi pemimpin begitu, sekarang jamannya pemimpin korup.. hehehe..

Laisya | 27 April 2009 21.26

Subhanallah ... Indonesia menunggu untuk lahirnya pemimpin2 seperti itu :)

Eh btw, salam kenal ya sekalian ijin jadi follower sini ya :D

anak nelayan | 27 April 2009 21.33

klo ada pemimpin seperti itu pasti damai

sibaho way | 27 April 2009 23.01

ada gak orang seperti itu di indonesia? ada kali. cuma gak jadi pemimpin ;P

anazkia | 28 April 2009 00.14

Subhanallah... sepertinya, sekarang sulit mencari pemimpin yang seperti itu. kalaopun ada, gak kelihatan.

vie_three | 28 April 2009 00.31

pemimpin seperti itulah yang didamba-dambakan warga negara Indonesia saat ini.

ierone | 28 April 2009 00.37

kita hanya bisa berdoa aja mas
dan semoga doa kita pun terkabul

deena | 28 April 2009 00.46

amin [dapet pahala...]
kalo saja bangsa ini punya pemimpin seperti Umar r.a. pasti bangsa kita ga seperti ini. semoga kita bisa mendapat pemimpin yang lebih baik ke depan, tidak gontok2an spt skg, berebut kekuasaan, saling melempar tuduhan, sakit hati,... kita cuma butuh pemimpin yang adil yang berjiwa besar demi rakyatnya...[Pak SBY... baca donk komennya...] *ngareeep*

YolizZ | 28 April 2009 02.01

Klo beneran ada pemimpin yg kayak gt didunia ni,,wah berarti bs dianggap sbg salah satu keajaiban dunia dong ;)

J O N K | 28 April 2009 02.36

wah, kapan indo dapat yang kayak gini, sudah hampir mustahil kayakny :)

IjoPunkJUtee | 28 April 2009 04.36

Pemimpin idaman.....
Kapan...? keburu dateng akhir zaman....

* Ijin minjem sendal jepit tuk perg ke Rumah Sakit...

dwinacute | 28 April 2009 04.56

kalo emang ada pemimpin yang seperti itu maka akan amanlah indonesia dari dana penyelewengan dan cepet lunas utang-utang negara.
tapi keknya sampe sekarang belum muncul tuh pemimpinnya. apa seperti kata si ijo yah.... nunggu akhir jaman?

Itik Bali | 28 April 2009 05.01

Jangan putus asa,,
suatu saat pasti akan ada pemimpin yang amanah
menjadi pemimpin memang banyak godaan
dan kita sebagai rakyat yang wajib mengingatkan
*sok idealis...hayahhh*

Dunia Polar | 28 April 2009 09.41

eh..eh...kira2, skrg ada ndak yah, pemimpin yg merasa dia tuh mendapat amanah mjd pemimpin bukan hanya tuk cari kepentingan sendiri????

Linda Belle | 28 April 2009 23.00

susah buat dpt yg spt itu disini....

san...pusing napa? sendalnya diambil zujoe apa jonk??

joe | 29 April 2009 07.55

setiap pemimpin akan dimntai pertanggungjawaban nanti, karena itu jangan sia-siakan amanah ...

buwel | 29 April 2009 11.35

nice posting...
great....

Nee | 29 April 2009 12.24

Wah... seandainya.. seandainya... orang Indonesia pemimpinnya seperti itu.. wes.. damai sejahtera ini negara... :D

Tisti Rabbani | 29 April 2009 20.31

tulisan yg menarik, biar kemaren para caleg bisa membaca ini..kalo mereka punya hati nurani, maka akan kesindir..
tp kalo enggak, ya sutra lah..bisa nilai kan nurani dan mental para caleg yg bakal mimpin negeri ini..

Laston M Nainggolan | 30 April 2009 00.12

Oh Pemimpin yang amanah..
di Indonesia ada lowongan untruk mu...

Poskan Komentar

hayo, yang komeng dapet pahala